Memilih Skala dan Pengukuran yang Tepat (2)

Istilah Penting:  

Skala adalah sekumpulan item atau pertanyaan yang berhubungan satu sama lain, disusun dalam urutan tertentu yang mungkin digunakan untuk mendapatkan informasi tentang karakter tertentu. Atau sebuah garis bilangan yang digunakan untuk mengukur karakter tertentu dengan item atau pertanyaan yang digunakan dan dihitung terhadap skala tersebut.

Reliabilitas (reliability) sebuah instrumen adalah indeks konsistensi atau stabilitas yang memungkinkan instrumen menjadi pengukuran (measurements). Namun demikian, reliabilitas sebuah instrumen hanya dapat diuji dengan memberikannya kepada subyek sampel. Sebagai konsekuensinya, indeks ini bergantung pada karakteristik sampel dan karakteristik instrumen. Reliabilitas akan lebih besar apabila terdapat penyebaran skor yang lebih besar dan lebih kecil apabila penyebaran skor lebih kecil.  

Validitas (validity) sebuah instrumen berhubungan dengan kekuatan dan kebermaknaan instrumen. Dengan kata lain, apakah instrumen mengukur konstruk atau konsep yang diinginkan? Anda memiliki berbagai pilihan cara untuk mengumpulkan data; tergantung pada karakter penelitian Anda.

Sebuah studi biasa melibatkan pengukuran hasil (output) atau pencapaian (performance) atas beberapa kriteria obyektif yang Anda konstruksikan. Penelitian dalam bidang ilmu-ilmu sosial banyak melibatkan pengukuran atas sikap atau perilaku atau karakteristik suatu benda dan produk yang diukur dengan seperangkat indikator yang dapat terobservasi secara langsung.

Indikator ini dikenal dengan item atau sejumlah item yang membentuk instrumen. Indikator atau item merupakan hasil operasionalisasi sejumlah skala, konsep atau konstruksi yang bersifat laten, abstrak dan tidak dapat diobservasi secara langsung. Misalnya konsep percaya diri (self-esteem). Konsep ini merupakan konsep yang abstrak dan tidak dapat diobservasi secara langsung sehingga harus dibuatkan sejumlah indikator yang dapat diukur secara langsung. Selengkapnya ...

0 comments:

About This Blog

Anything related to SPSS and statistics.
We are not statisticians, but we like to share simple things about SPSS and its usage.

The Performance

RSS

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP