Mendesain Studi (1)

Istilah Penting  

Desain studi: Desain studi merepresentasikan permasalahan yang diangkat dalam sebuah studi dan cara-cara yang ditempuh untuk menemukan solusi.  

SPSS: SPSS merupakan singkatan dari Statistical Package for the Social Sciences. Software ini membantu peneliti untuk mengatur data dan menganalisisnya sehingga hasil yang diperoleh dapat dipahami dan lebih meyakinkan. SPSS hanya sebuah alat; efektif atau tidaknya tergantung pada pemahaman dan penguasaan peneliti terhadap masalah yang ditelitinya.  

Subyek: Subyek adalah sampel studi Anda atau populasi studi Anda apabila Anda tidak menggunakan sampel. Kondisi: Kondisi adalah perlakuan yang Anda berikan kepada sampel studi Anda.

Mungkin agak aneh bagi teman-teman sebab kita membicarakan desain studi dalam materi SPSS. Akan tetapi sebenarnya tidak demikian sebab SPSS hanya sebuah alat. Data yang Anda masukkan ke dalam SPSS pasti datang dari salah satu sumber berikut: kuesioner, informasi yang dikumpulkan dari wawancara, hasil observasi yang telah diberi kode, atau pengukuran obyektif terhadap suatu hasil performans seperti hasil tes.

Data hanya akan memiliki kualitas yang baik apabila Anda mengumpulkannya dengan suatu instrumen yang baik dan teruji serta didasarkan pada kerangka penelitian yang menjadi acuan utama dalam pengumpulan data. Selengkapanya ...

0 comments:

About This Blog

Anything related to SPSS and statistics.
We are not statisticians, but we like to share simple things about SPSS and its usage.

The Performance

RSS

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP