Teknik Pembuatan Kuesioner (3)

Istilah Penting:

Kuesioner: Kuesioner adalah instrumen pengumpulan data atau informasi yang dioperasionalisasikan ke dalam bentuk item atau pertanyaan.

Infomasi Demografik: Informasi demografik adalah informasi tentang karakter atau latar belakang responden yang dapat berupa tempat, usia, status ekonomi, tingkat pendidikan, status sosial dan lain-lain sebagainya. Informasi semacam itu sangat membantu dalam memahami data penelitian.  

Subyek: Subyek penelitian adalah orang yang dilibatkan dalam memberikan informasi yang dibutuhkan terkait dengan pertanyaan penelitian. Manipulasi: Manipulasi adalah perlakuan yang diberikan kepada subyek studi dalam penelitian yang bersifat eksperimental atau quasi-eksperimental dalam penelitian sosial.  

Sampel Populasi: Sampel populasi adalah beberapa responden yang dipilih dengan teknik tertentu dari kelompok populasi tertentu untuk mewakili populasi secara keseluruhan. Ini dimaksudkan untuk menghemat beban dana penelitian.  

Survei: Survei adalah salah satu pendekatan penelitian kuantitatif yang pada dasarnya dilakukan pada satu kesempatan tertentu guna mendapatkan gambaran minimal tentang suatu fenomena sosial atau alam.  

Skor Kontinus: Skor kontinus adalah salah satu skala bilangan yang digunakan dalam memberi kode terhadap respon pilihan dalam pertanyaan kuesioner. Selain skor kontinus, ada skor nominal dan kategorik. Hampir semua penelitian menuntut Anda untuk memperoleh informasi dari subyek atau responden Anda.

Proses ini dapat melibatkan beberapa aktivitas, seperti pengumpulan informasi demografik dari subyek sebelum melibatkan mereka dalam beberapa manipulasi eksperimental. Proses ini bisa juga melibatkan aktivitas mendesain sebuah survei secara ekstensif untuk didistribusikan kepada sampel populasi. Kuesioner yang direncanakan dan didesain dengan cara yang kurang baik tidak akan memberikan data yang baik untuk menjawab pertanyaan penelitian.

Oleh karena itu, dalam mempersiapkan kuesioner ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Anda harus mempertimbangkan bagaimana cara Anda menggunakan informasi yang akan diperoleh. Anda harus mengetahui persisi statistik apa yang Anda akan gunakan.

Bergantung pada jenis statistik yang akan Anda gunakan, Anda mungkin perlu mengajukan pertanyaan dalam cara tertentu atau menyiapkan format respon yang tepat. Bagian ini akan menguraikan secara singkat desain kuesioner. Sebab itu, Anda disarankan untuk membaca buku-buku lain yang secara khusus mengulas masalah teknik desain kuesioner. Selengkapnya ...

2 comments:

Anonymous,  February 17, 2008 at 10:28 PM  

Terima kasih atas materinya.. sebagai mahasiswa ini sangat bermafaat bagi saya.

Thanks

Anonymous,  March 17, 2008 at 3:39 PM  

saya juga senang dengan kerjaan ini... saya ikuti terus supaya dapat saya manfaatkan membuat penelitian nanti
ma kasih

About This Blog

Anything related to SPSS and statistics.
We are not statisticians, but we like to share simple things about SPSS and its usage.

The Performance

RSS

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP